Tata Cara Pelaksanaaan Upacara Perkawinan Di Desa
Gunungsari Kecamatan Seririt
Dalam
setiap pelaksanaan upacara perkawinan, agama Hindu tidak mengabaikan adat yang
telah terpadu dalam masyarakat, karena dalam agama Hindu selain berpedoman pada
Kitab Śruti, umat Hindu juga dapat berpedoman pada Śmrti, dan hukum Hindu yang
berdasarkan kebiasaan yang telah dilakukan secara turun temurun disuatu tempat
yang biasa disebut Acara. Dengan melakukan upacara yang dilandasi
oleh ajaran yang diajarkan dalam kitab suci dan mengikuti tata cara adat yang
telah berlaku turun temurun, maka akan mendapatkan
kebahagiaan di dunia ini (jagaditha) dan kebahagiaan yang abadi (Moksa). Sistem perkawinan
yang umum dilaksanakan oleh umat Hindu etnis Bali adalah dengan cara mapadik
dan khususnya pada Desa Gunungsari. Adapun tata cara dalam perkawinan memadik
di Desa Gunungsari adalah:
1.
Mencari hari baik (dewasa)
Mencari
hari baik (dewasa) dilakukan oleh pihak pengantin pria, dengan cara
minta petunjuk kepada seorang Sulinggih atau seseorang yang sudah biasa
memberikan dewasa (nibakang padewasaan). Adapun dewasa yang
diminta biasanya berurutan sesuai dengan acara-acara dalam pelaksanaan upacara
perkawinan, antara lain: dewasa Masadok (pemberitahuan), dewasa Mamadik/Meminang),
dan dewasa pawiwahan.
2.
Masadok (Pemberitahuan)
Pada hari
ini orang tua calon pengantin pria datang ke rumah calon pengantin Wanita
bertemu dengan orang tuanya untuk bermusyawarah mengenai tujuan dari kedua
calon pengantin serta meminta persetujuan kepada orang tua calon pengantin
wanita tentang hari baik (padewasan sesuai dengan tahapan acara
perkawinan), seperti pasobyah (mengumumkan) kepada keluarga besar di
masing-masing kedua keluarga calon pengantin dan mengumpulkan keluarga besarnya
untuk bisa menyampaikan tentang tujuan keluarga calon pengantin serta memohon
bantuannya baik bersifat phisik maupun material.
3.
Mamadik/Meminag
Pada hari ini keluarga besar dari pihak calon
pengantin pria datang ke rumah calon pengatin wanita untuk meminang. Pada saat
peminagan ini pertama yang dilakukan adalah upacara petegak yang dimana memakai
sarana Pejati sebagai upakara pesaksi, Canag Pengeraos ditambah dengan segehan
putih kuning dan yang terakhir adalah rarapan yang isinya bermacam-macam kue
dan buah-buahan setelah sesajen ini dihaturkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi
Wasa sebagai saksi upacara dan upakara pada saat itu ,setelah itu pembicaraan sudah bisa dimulai.
Inisiatif memulai pembicaraan (pemahbah lan pangaksama) dapat dilakukan
oleh keluarga pihak Wanita/keswakang/kapadik. Adapun pembicaraanya
seperti berikut.
Dari pihak Wanita “Inggih nawegang titiang, menawi
wenten malih sane patut pacang jantos? Yening nenten wenten bebawosan
jagi kawitang titiang. (Bila tidak ada yang ditunggu lagi pembicaraan bisa
dilanjutkan) “Inggih penglingsir sane wangiang titiang, titiang saking
keluarga iriki nunas mangda ledang ugi ngampurayang menawi wenten kirang
langkung antuk titiang nyanggra pengerawuhe kadi mangkin. Taler antuk genah
melinggih wyakti kadi kosekan pisan, nenten wenten genah melinggih” “Sadurung
ngelantur ring unteng bebawosan, lugrayang titiang ngaturang pangastungkara,
nunas ica ring Ida Hyang Parama Kawi dumogi Ida asung wara nugraha ngicenin
kerahayuan sareng sami. Om Swastyastu”. “Inggih selantur ipun galahe mangkin
pacang katur ring penglingsir saking desa gunungsari napi menawi wenten sane
jagi bawosang. Inggih, durusang”. Juru
bicara pihak laki-laki “Inggih nawegang
titiang mantuka ring Pengelingsir saha semeton sinamian, nunas lugra, riantuk
titiang prasangga purun ngewentenang atur. Pinih riin titiang ngaturang suksma
antuk ledang ugi Pengelingsir sareng sami tangkilin titiang. Taler titiang
nunas gung rena sinampura sekirang langkung atur titiang. Inggih, sedurung
titiang mahbah indik tetujon pengerawuh titiang mangkin lugrayang titiang
ngaturang pangastungkara, Om Swastyastu. “Pengelingsir saha semeton
sinamian, indik tetujon titiang rawuh sekadi mangkin boya sewos ngetut pidabdab
anak alit titiang sane mewasta …………… mantuka ring anak alit isteri pengelingsir
iriki, sane mewasta ……………. Anak alit titiang sampun mepitau ring titiang, ipun,
anak alit titiang, sareng anak alit isteri iriki kocap sampun pada tresna. Anak
alit titiang kocap tresna ring anak alit isteri iriki, anak alit isteri iriki
kocap tresna ring anak alit titiang. Wentene tresna ketresnain punika anak alit
titiang memanah pacang nincapang ke grehasta asrama. Punika mawinan titiang
nangkilin pengelingsir iriki mapisarat nunas pikayun pengelingsire iriki ledang
ngicenin panugrahan utawi pamargi sane antar mangdane anake alit makekalih
praside matemu alaki rabi. Inggih,
titiang ngelungsur pikayunan pengelingsir mangda ledang ugi nagingin pinunas
titiang matemuang anake alit makekalih.
Pengelingsir sane wangiang titiang, asapunika sane presida katur antuk titiang. Galah selantur ipun katur ring pengenter bebawosan”. Setelah itu Pembawa acara/Pengenter bebawosan kemudian memberi waktu kepada juru bicara pihak Wanita untuk memberi tanggapan atas pembicaraan pihak keluarga laki-laki.
Juru Bicara Pihak Wanita “Inggih, pengelingsir sane wangiang titiang. Pangandikan pengelingsir wawu sampun kemanah antuk titiang. Kewiaktiane titiang durung pisan pratiyaksa ring perindikan anake alit. Titiang merasa nenten patut pacang nyogok utawi ngedetang kapitresnan anake alit. Sane mangkin titiang nunas galah abosbos. Titiang jagi netes ipun mangda iriki ring ajeng kesaksinin sareng sami".
Panggillah anak gadis yang dimaksud agar ikut bergabung bersama di tempat pembicaraan sehingga bisa disaksikan oleh orang-orang yang hadir, lalu tanyakan sebagai berikut : “Ih, cening ne ada pengelingsir uli Gunungsari mapikarsa lakar ngidih anake buka cening lakar petemuanga ajak anak alit idane ane madan ……………. apange presida cening ajak dadua metemu alaki rabi. Aji/Bapa tonden bani ngisinin utawi tusing ngisinin pikarsan pengeligsir uli Gunungsari setonden Aji/Bapa netes anake buka cening. Nah, jani edengang isin keneh ceninge ane sujati. Yening cening tresna tur ada keneh cening lakar nganten dini orahin. Yening cening tusing tresna tur tusing ada keneh cening lakar nganten dini orahin di ajeng pengelingsire ajak mekejang. Pengidih Aji/Bapa, eda pesan cening ngapus. Cening sing tresna ngorahin tresna, keto masih cening tresna ngorahin tusing tresna. Yening cening ngapus sing ja cening ngapus ragan ceninge dogen, cening lakar ngapus pengelingsire ajak makejang ane ada di arep ceninge. Ane jani Aji/Bapa metakon teken ragan ceninge : Kapertama : ada keneh cening lakar nganten ?
Kedua : yen ada keneh ceninge lakar nganten, apa ulian cening tresna apa ulian kepaksa. Setelah mendapat jawaban dari si gadis dan jawabannya “ya” dan “ulian tresna” maka pertanyaan dapat diteruskan ke anak pihak laki-laki, apakah betul yang dipinang adalah anak gadisnya dan apakah betul ia mencintai anak gadisnya. Apabila jawabannya “ya” maka jawaban atas permintaan juru bicara pihak laki-laki dapat disimpulkan.
“Inggih, pengelingsir sane wangiang titiang iwawu sami sampun miarsayang pesaut anake alit, wantah jakti pada tresna asih maka kalih tur sampun kebuktiang iriki sareng sami ring ajeng. Titiang ngaturang utawi nagingin sekadi pikarsan pengelingsire pacang matemuang anake alit maka kalih”
Pengelingsir sane wangiang titiang, asapunika sane presida katur antuk titiang. Galah selantur ipun katur ring pengenter bebawosan”. Setelah itu Pembawa acara/Pengenter bebawosan kemudian memberi waktu kepada juru bicara pihak Wanita untuk memberi tanggapan atas pembicaraan pihak keluarga laki-laki.
Juru Bicara Pihak Wanita “Inggih, pengelingsir sane wangiang titiang. Pangandikan pengelingsir wawu sampun kemanah antuk titiang. Kewiaktiane titiang durung pisan pratiyaksa ring perindikan anake alit. Titiang merasa nenten patut pacang nyogok utawi ngedetang kapitresnan anake alit. Sane mangkin titiang nunas galah abosbos. Titiang jagi netes ipun mangda iriki ring ajeng kesaksinin sareng sami".
Panggillah anak gadis yang dimaksud agar ikut bergabung bersama di tempat pembicaraan sehingga bisa disaksikan oleh orang-orang yang hadir, lalu tanyakan sebagai berikut : “Ih, cening ne ada pengelingsir uli Gunungsari mapikarsa lakar ngidih anake buka cening lakar petemuanga ajak anak alit idane ane madan ……………. apange presida cening ajak dadua metemu alaki rabi. Aji/Bapa tonden bani ngisinin utawi tusing ngisinin pikarsan pengeligsir uli Gunungsari setonden Aji/Bapa netes anake buka cening. Nah, jani edengang isin keneh ceninge ane sujati. Yening cening tresna tur ada keneh cening lakar nganten dini orahin. Yening cening tusing tresna tur tusing ada keneh cening lakar nganten dini orahin di ajeng pengelingsire ajak mekejang. Pengidih Aji/Bapa, eda pesan cening ngapus. Cening sing tresna ngorahin tresna, keto masih cening tresna ngorahin tusing tresna. Yening cening ngapus sing ja cening ngapus ragan ceninge dogen, cening lakar ngapus pengelingsire ajak makejang ane ada di arep ceninge. Ane jani Aji/Bapa metakon teken ragan ceninge : Kapertama : ada keneh cening lakar nganten ?
Kedua : yen ada keneh ceninge lakar nganten, apa ulian cening tresna apa ulian kepaksa. Setelah mendapat jawaban dari si gadis dan jawabannya “ya” dan “ulian tresna” maka pertanyaan dapat diteruskan ke anak pihak laki-laki, apakah betul yang dipinang adalah anak gadisnya dan apakah betul ia mencintai anak gadisnya. Apabila jawabannya “ya” maka jawaban atas permintaan juru bicara pihak laki-laki dapat disimpulkan.
“Inggih, pengelingsir sane wangiang titiang iwawu sami sampun miarsayang pesaut anake alit, wantah jakti pada tresna asih maka kalih tur sampun kebuktiang iriki sareng sami ring ajeng. Titiang ngaturang utawi nagingin sekadi pikarsan pengelingsire pacang matemuang anake alit maka kalih”
Juru
Bicara Pihak Laki-Laki “Inggih,
nawegang titiang matur suksma pisan riantukan sampun kedagingin pinunas titiang
mantuka ring anake alit iriki. Sane mangkin yening kepatutang saha kelugra
titiang pacang ngelanturang matur indik pengambilan anake alit saha pidabdab
titiang pacang ngelaksanayang pekala-kalaan miwah widhi widana”. Inggihan punike kale/waktu tiang waliang
malih ring pangenter bawos.”inggih suksma majeng ring keluarga saking
Gunungsari indik pareraosan sampun cumpu duaning niki kerauhin antuk manggala
sane kadi saksi ring manusa saksi mangde ipun polih ngicen piteket sane kaangen
ritatkala nyalanin sane mewasta Grahasta Asrama,inggihan punika mangda prasida
ugi mangala prajan titian ngicen piteket akidik,inggih durusang
Manggala
Praja/Dinas Pihak Wanita “Inggih nawegang titiang mantuka ring pengelingsir sane
wangiang titiang, para manggala dinas lan manggala adat sane wangiang titiang,
titiang prajuru dinas saking banjar/desa ….. purun prasangga nyarengin
bebawosan pengelingsir sinamian. Titiang nunas ampura antuk tambet tan uning
matur, janten sampun nenten mantuk ring sejeroning pikayun.
Indik bebawosan sane piragi titiang iwawu sampun becik pisan. Sotaning titiang dados prajuru dinas, taler nyarengin mapaungu atur sapari indik anake alit istri warga banjar/desa titiange sane keambil ke Gunungsari Mantuka ring prajuru dinas ring banjar/desa…… ring rahina …… tanggal …….. titiang melepas/nyerahang cacah jiwa warga titiang sane mewasta …….. ring manggala dinas banjar/desa Gunungsari saha mepiteges, rikanjekan ngewilangan surat-surat titiang misadia pacang ngelepas saking penduduk iriki saha ngewantu muputang surat-surat sane keperluang. “Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur. Penyerahan oleh prajuru dinas banjar/desa dari pihak Wanita selanjutnya ditanggapi oleh prajuru dinas banjar/desa pihak laki-laki setelah diberi kesempatan oleh pembawa acara. Manggala Praja/Dinas Pihak Laki-laki “Inggih nawegang titiang mantuka ring pengelingsir sane wangiang titiang, para manggala dinas lan manggala adat sane wangiang titiang, titiang prajuru dinas saking banjar/desa Gunungsari purun prasangga nyarengin matur. Titiang nunas ampura pet prade wenten atur titiang nenten mantuk ring sejeroning pikayun. Sotaning titiang dados prajuru dinas, taler nyarengin mapaungu atur sapari indik penyerahan cacah jiwa anake alit istri saking manggala dinas banjar/desa …..…………Mantuka ring prajuru dinas banjar/desa ……. ring rahina …… tanggal …….. titiang prajuru dinas banjar/desa Gunungsari nerima penyerahang jajah jiwa anak alit istri sane mewasta ........ saha jagi unggahang titiang ring buku register kependudukan banjar titiang. Taler titiang nunas ring prajuru dinas mangda ledang ngicenin “surat keterangan perpindahan penduduk” sane kebuatang anggen ngerereh “surat/akte perkawinan”, “kartu keluarga”, miwah sane tiosan nganutin uger-uger Guru Wisesa. Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur”.Setelah itu Manggala/prajuru adat banjar/desa yang menyertai/menjadi saksi perkawinan adat Bali, pada saat mejauman diberi juga kesempatan untuk berbicara. Terlebih dahulu kesempatan itu dapat diberikan kepada manggala adat dari pihak Wanita.
Manggala Adat Pihak Wanita “Inggih nawegang titiang mantuka ring pengelingsir sane wangiang titiang, para manggala dinas lan manggala adat sane wangiang titiang, titiang prajuru adat saking banjar/desa ….. purun prasangga nyarengin bebawosan pengelingsir sinamian. Titiang nunas ampura antuk tambet tan uning matur, janten sampun nenten mantuk ring sejeroning pikayun.
Titiang dados prajuru adat, taler nyarengin mapaungu atur sapari indik anake alit istri warga banjar/desa adat titiange sane keambil ke Gunungsari Mantuka ring prajuru adat ring banjar/desa…… ring rahina …… tanggal …….. titiang melepas/nyerahang cacah jiwa warga titiang sane mewasta …….. ring manggala adat banjar/desa Gunungsari saha metempahang anak alit istri warga titiang.
Sampunang waneh ngicenan pengajah ring anake alit istri mangda sida antuka nganutin tata cara sane manggeh irika. Wenten sane kebawos desa mawa cara, janten sampun sewos desa sewos sima kramane. “Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur. Penyerahan oleh prajuru adat banjar/desa dari pihak Wanita selanjutnya ditanggapi oleh prajuru adat banjar/desa pihak laki-laki setelah diberi kesempatan oleh pembawa acara.
Indik bebawosan sane piragi titiang iwawu sampun becik pisan. Sotaning titiang dados prajuru dinas, taler nyarengin mapaungu atur sapari indik anake alit istri warga banjar/desa titiange sane keambil ke Gunungsari Mantuka ring prajuru dinas ring banjar/desa…… ring rahina …… tanggal …….. titiang melepas/nyerahang cacah jiwa warga titiang sane mewasta …….. ring manggala dinas banjar/desa Gunungsari saha mepiteges, rikanjekan ngewilangan surat-surat titiang misadia pacang ngelepas saking penduduk iriki saha ngewantu muputang surat-surat sane keperluang. “Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur. Penyerahan oleh prajuru dinas banjar/desa dari pihak Wanita selanjutnya ditanggapi oleh prajuru dinas banjar/desa pihak laki-laki setelah diberi kesempatan oleh pembawa acara. Manggala Praja/Dinas Pihak Laki-laki “Inggih nawegang titiang mantuka ring pengelingsir sane wangiang titiang, para manggala dinas lan manggala adat sane wangiang titiang, titiang prajuru dinas saking banjar/desa Gunungsari purun prasangga nyarengin matur. Titiang nunas ampura pet prade wenten atur titiang nenten mantuk ring sejeroning pikayun. Sotaning titiang dados prajuru dinas, taler nyarengin mapaungu atur sapari indik penyerahan cacah jiwa anake alit istri saking manggala dinas banjar/desa …..…………Mantuka ring prajuru dinas banjar/desa ……. ring rahina …… tanggal …….. titiang prajuru dinas banjar/desa Gunungsari nerima penyerahang jajah jiwa anak alit istri sane mewasta ........ saha jagi unggahang titiang ring buku register kependudukan banjar titiang. Taler titiang nunas ring prajuru dinas mangda ledang ngicenin “surat keterangan perpindahan penduduk” sane kebuatang anggen ngerereh “surat/akte perkawinan”, “kartu keluarga”, miwah sane tiosan nganutin uger-uger Guru Wisesa. Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur”.Setelah itu Manggala/prajuru adat banjar/desa yang menyertai/menjadi saksi perkawinan adat Bali, pada saat mejauman diberi juga kesempatan untuk berbicara. Terlebih dahulu kesempatan itu dapat diberikan kepada manggala adat dari pihak Wanita.
Manggala Adat Pihak Wanita “Inggih nawegang titiang mantuka ring pengelingsir sane wangiang titiang, para manggala dinas lan manggala adat sane wangiang titiang, titiang prajuru adat saking banjar/desa ….. purun prasangga nyarengin bebawosan pengelingsir sinamian. Titiang nunas ampura antuk tambet tan uning matur, janten sampun nenten mantuk ring sejeroning pikayun.
Titiang dados prajuru adat, taler nyarengin mapaungu atur sapari indik anake alit istri warga banjar/desa adat titiange sane keambil ke Gunungsari Mantuka ring prajuru adat ring banjar/desa…… ring rahina …… tanggal …….. titiang melepas/nyerahang cacah jiwa warga titiang sane mewasta …….. ring manggala adat banjar/desa Gunungsari saha metempahang anak alit istri warga titiang.
Sampunang waneh ngicenan pengajah ring anake alit istri mangda sida antuka nganutin tata cara sane manggeh irika. Wenten sane kebawos desa mawa cara, janten sampun sewos desa sewos sima kramane. “Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur. Penyerahan oleh prajuru adat banjar/desa dari pihak Wanita selanjutnya ditanggapi oleh prajuru adat banjar/desa pihak laki-laki setelah diberi kesempatan oleh pembawa acara.
Manggala
Adat Pihak Laki-laki “Inggih
nawegang titiang mantuka ring pengelingsir sane wangiang titiang, para manggala
dinas lan manggala adat sane wangiang titiang, titiang prajuru adat saking
banjar/desa Gunungsari purun prasangga nyarengin matur. Titiang nunas ampura
pet prade wenten atur titiang nenten mantuk ring sejeroning pikayun. Sotaning titiang dados prajuru adat, taler
nyarengin mapaungu atur sapari indik penyerahan cacah jiwa anake alit istri
saking manggala adat banjar/desa …..…………Mantuka ring prajuru adat banjar/desa……
ring rahina …… tanggal …….. titiang prajuru adat banjar/desa Gunungsari nerima
penyerahang cacah jiwa anak alit istri sane mewasta …….. saha jagi unggahang
titiang ring buku register banjar adat titiang. Taler anak alit istri jagi
iring titiang nyarengin pidabdabe ring banjar pekraman, rawuh ring desa
pekraman.
Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur”. Setelah selesai pemberian nasehat kepada kedua mempelai maka pembicaraan sudah selesai, dan pembawa acara dapat segera mengakhiri/menutup pembicaraan. “Inggih pengelingsir sareng sami sane wangiang titiang, manggala dinas lan manggala adat sane wangiang titiang, menawi bebawosan sampun puput. Dwaning titiang sane ngungkab bebawosanne titiang taler sane nyineb. Sedurung kesineb, titiang nenten lali nunas sinampura pet wenten atur titiang sane nenten munggah ring pikayun. Bebawosane jagi sineb titiang antuk nguncarang paramashanti, Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.
Inggih pengelingsir sinamian, asapunika sida antuk titiang mapaungu atur”. Setelah selesai pemberian nasehat kepada kedua mempelai maka pembicaraan sudah selesai, dan pembawa acara dapat segera mengakhiri/menutup pembicaraan. “Inggih pengelingsir sareng sami sane wangiang titiang, manggala dinas lan manggala adat sane wangiang titiang, menawi bebawosan sampun puput. Dwaning titiang sane ngungkab bebawosanne titiang taler sane nyineb. Sedurung kesineb, titiang nenten lali nunas sinampura pet wenten atur titiang sane nenten munggah ring pikayun. Bebawosane jagi sineb titiang antuk nguncarang paramashanti, Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.
Setelah itu kedua calon pengantin diboyong ke pemerajan untuk
melakukan persembahyangan memohon doa restu dari Sang Hyang Guru dan para
leluhur pihak pengantin wanita. Selesai sembahyang dilanjutkan dengan sembah
sungkem kepada kedua orang tua calon pengantin wanita untuk mohon doa restu.
Sembahyang di pemerajan merupakan acara mepamit secara niskala yaitu kepada
leluhur, sedangkan mepamit secara sakala adalah mohon doa restu dari kedua
orang tua.
Sesampainya di depan pintu gerbang rumah calon pengantin pria diberikan segehan putih kuning, sebagai sarana penetralisir kekuatan-kekuatan yang bersifat negatif, karena posisi kedua calon pengantin secara spiritual adalah dalam kekuasaan kama.
Setelah kedua pengantin masuk ke halaman rumah, diantar ke depan dapur untuk melaksanakan penyucian kecil, yaitu diperciki tirta pabayekawonan, maprayascita dan terakhir ngayab upakara peras pengambean dan dapetan. Maksud penyucian ini adalah penyucian pertama dari sebel kandelan pengantin.
Sesampainya di depan pintu gerbang rumah calon pengantin pria diberikan segehan putih kuning, sebagai sarana penetralisir kekuatan-kekuatan yang bersifat negatif, karena posisi kedua calon pengantin secara spiritual adalah dalam kekuasaan kama.
Setelah kedua pengantin masuk ke halaman rumah, diantar ke depan dapur untuk melaksanakan penyucian kecil, yaitu diperciki tirta pabayekawonan, maprayascita dan terakhir ngayab upakara peras pengambean dan dapetan. Maksud penyucian ini adalah penyucian pertama dari sebel kandelan pengantin.
4. Upacara perkawinan (Wiwaha
Samskara)
Urutan pelaksanaan upacara perkawinan umat Hindu adalah sebagai
berikut.
a. Upacara makala-kalaan
bertujuan untuk penyucian diri, upacara ini ditujukan kepada bhūta
kala, di mana kala ini merupakan manifestasi dari kekuatan kama yang memiliki
sifat keraksasaan. Kedua pengantin dipersonifikasikan sebagai kekuatan kala dan
kali yang disebut kala nareswari. Upacara makala-kalaan juga disebut upacara
bhūta saksi. Menurut kitab suci upacara makala-kalaan yang ditujukan kepada
para bhūta yang dihaturkan di atas tanah termasuk dalam prahuta. Tujuan
dari upacara makala-kalaan adalah untuk menghilangkan segala mala dan
menyucikan sukla dan swanita. Selain itu upacara makala-kalaan adalah upacara
penyucian kedua pengantin dari segala mala atas perintah Dewa Śiwa. Selanjutnya
upacara makala-kalaan selain bersaksi kepada bhūta kala, juga bersaksi kepada
Pertiwi. Dalam pelaksanaan upacara makala-kalaan digunakan beberapa uparengga
(peralatan) sebagai pelengkap upacara. Uparengga yang dipergunakan pada upacara
makala-kalaan memiliki fungsi adalah sebagai bahasa isyarat kehadapan Sang
Hyang Widhi beserta manifestasinya serta mengandung nilai-nilai ethika yang
sangat tinggi dan dalam. Adapun uparengga yang dipergunakan adalah: (1) Sanggah
Surya, (2) Kalabang Kala Nareswari (Kala Badeg), (3) Tikeh
dadakan (tikeh kecil), (4) Benang putih, (5) Tegen-tegenan, (6) Suhun-suhunan
(sarana junjungan), (7) Sapu lidi tiga katih , (8) Sambuk
(serabut) kupakan, (9)Klukuh berisi berem. Dalam
rangkaian upacara makala-kalaan ada sarana yang dipergunakan yaitu tetimpug
yang dibuat dari tiga buah potong bambu yang masing-masing ada ruasnya, yaitu
lima ruas atau tujuh ruas. Ketiga potong bambu ini diikat jadi
satu kemudian dibakar di atas tungku bata yang dibuat pada saat upacara makala-kalaan.
Makna yang terkandung di dalamnya adalah secara niskala untuk memanggil para
bhūta kala bahwa upacara segera dimulai.
Kedua pengantin duduk menghadapi upakara dengan posisi duduk pengantin wanita berada di sebelah kiri pengantin pria, kemudian kedua penganten natab banten bayakawonan, dilanjutkan dengan malukat dan maprayascita sebagai pembersihan. Selesai natab bayakawonan dan pembersihan kedua pengantin menuju ke tempat mategen-tegenan. Penganten pria memikul tegen-tegenan sambil membawa sapu lidi tiga biji, sedangkan pengantin wanita menjunjung suhun-suhunan berjalan mengelilingi sanggah surya ke arah purwa daksina (arah jarum jam) dengan posisi penganten wanita di depan mengelilingi sanggah surya sebanyak tiga kali, dan penganten pria mencemeti penganten wanita. Pada setiap putaran, kedua pengantin menendang serabut kelapa (kala sepetan) yang di dalamnya berisi telor, ditutupi dengan serabut kelapa dibelah tiga dan diikat dengan benang tridhatu. Setelah makala-kalaan serabut kelapa tersebut ditaruh di bawah tempat tidur pengantin. Acara selanjutnya adalah madagang-dagangan. Pada saat madagang-dagangan penganten wanita duduk di atas serabut kelapa, mengadakan tawar menawar hingga terjadi transaksi antara pengantin pria dan pengantin wanita yang ditandai dengan penyerahan barang dagangan serta pembayarannya. Akhir dari madagang-dagangan adalah merobek tikeh dadakan yang dipegang oleh pengantin wanita dengan kedua tangannya, dan pengantin pria mengambil keris kemudian merobek tikeh dadakan tersebut yang diawali dengan menancapkan keris ke tikeh dadakan dan dilanjutkan dengan mengambil tiga sarana kesuburan yaitu keladi, kunyit, dan andong, yang kemudian dibawa oleh kedua pengantin ke belakang sanggah kemulan untuk ditanam.
Acara selanjutnya adalah mapegat, yaitu memutuskan benang yang kedua ujungnya diikatkan pada dua cabang pohon dapdap. Selesai memutuskan benang kedua penganten kemudian mandi untuk membersihkan diri. Mandi untuk membersihkan diri ini disebut ”angelus wimoha’, yang memiliki pengertian dan tujuan untuk melaksanakan perubahan nyomya dari kekuatan asuri sampad menjadi kekuatan Daiwi sampad atau nyomya kala bhūta nareswari agar menjadi Sang Hyang Smarajaya dan Smara Ratih. Sehabis mandi kedua penganten berganti pakaian, dan berhias untuk melakukan upacara dewa saksi di sanggah.
Kedua pengantin duduk menghadapi upakara dengan posisi duduk pengantin wanita berada di sebelah kiri pengantin pria, kemudian kedua penganten natab banten bayakawonan, dilanjutkan dengan malukat dan maprayascita sebagai pembersihan. Selesai natab bayakawonan dan pembersihan kedua pengantin menuju ke tempat mategen-tegenan. Penganten pria memikul tegen-tegenan sambil membawa sapu lidi tiga biji, sedangkan pengantin wanita menjunjung suhun-suhunan berjalan mengelilingi sanggah surya ke arah purwa daksina (arah jarum jam) dengan posisi penganten wanita di depan mengelilingi sanggah surya sebanyak tiga kali, dan penganten pria mencemeti penganten wanita. Pada setiap putaran, kedua pengantin menendang serabut kelapa (kala sepetan) yang di dalamnya berisi telor, ditutupi dengan serabut kelapa dibelah tiga dan diikat dengan benang tridhatu. Setelah makala-kalaan serabut kelapa tersebut ditaruh di bawah tempat tidur pengantin. Acara selanjutnya adalah madagang-dagangan. Pada saat madagang-dagangan penganten wanita duduk di atas serabut kelapa, mengadakan tawar menawar hingga terjadi transaksi antara pengantin pria dan pengantin wanita yang ditandai dengan penyerahan barang dagangan serta pembayarannya. Akhir dari madagang-dagangan adalah merobek tikeh dadakan yang dipegang oleh pengantin wanita dengan kedua tangannya, dan pengantin pria mengambil keris kemudian merobek tikeh dadakan tersebut yang diawali dengan menancapkan keris ke tikeh dadakan dan dilanjutkan dengan mengambil tiga sarana kesuburan yaitu keladi, kunyit, dan andong, yang kemudian dibawa oleh kedua pengantin ke belakang sanggah kemulan untuk ditanam.
Acara selanjutnya adalah mapegat, yaitu memutuskan benang yang kedua ujungnya diikatkan pada dua cabang pohon dapdap. Selesai memutuskan benang kedua penganten kemudian mandi untuk membersihkan diri. Mandi untuk membersihkan diri ini disebut ”angelus wimoha’, yang memiliki pengertian dan tujuan untuk melaksanakan perubahan nyomya dari kekuatan asuri sampad menjadi kekuatan Daiwi sampad atau nyomya kala bhūta nareswari agar menjadi Sang Hyang Smarajaya dan Smara Ratih. Sehabis mandi kedua penganten berganti pakaian, dan berhias untuk melakukan upacara dewa saksi di sanggah.
b. Upacara
Widhi Widhana / Majaya-Jaya
Upacara widhi widhana/majaya-jaya dilakukan setelah selesai
melaksanakan upacara makala-kalaan. Rangkaian upacara widhi widhana
/majaya-jaya ini diawali dengan puja yang dilakukan oleh sang pemuput upacara
(Pandita/Pinandita). Setelah sang pemuput upacara selesai mapuja dilanjutkan
dengan persembahyangan yang dilakukan oleh kedua pengantin. Sebelum melakukan
persembahyangan kedua pengantin diperciki tirta panglukatan dan dilanjutkan
dengan tirta prayascita. Persembahyangan diawali dengan puja trisandya,
kemudian dilanjutkan dengan panca sembah. Selesai sembahyang kedua pengantin
diperciki tirtha kekuluh dari pemerajan atau pura-pura, dan dilanjutkan dengan
memasang bija. Selesai sembahyang dilanjutkan dengan natab banten sesayut
(sesayut nganten). Selesai natab
banten sesayut, kedua pengantin diberikan tetebus (benang) dan
dipasangkan karawista. Selesai memasangkan bija dan karawista dilanjutkan
dengan mengucapkan sumpah perkawinan oleh pengantin pria dan pengantin wanita.
Setelah pengucapan sumpah perkawinan maka dilanjutkan dengan upacara
majaya-jaya, sebagai peresmian atau pengukuhan pernikahan telah sah menurut
Hindu. Setelah
upacara mejaya-jaya selesai, semua hadirin mengucapkan doa sebagai berikut:
“Om ihena Vindra Sam Nuda Vakavakeva Dampati “
Om.....sang Hyang Indra, persatukanlah kedua pengantin ini
Laksana Burung Chakrawaka tidak pernah berpisah denga pasangannya.
Dengan demikian selesailah rangkaian upacara perkawinan tersebut,
kemudian dilanjutkan dengan menanda tangani surat-surat yang menjadi syarat
administrasi untuk keperluan mencari akta perkawinan.
1.
Anglang
Kali Karang Wulu artinya seorang perempuan dari wangsa brahmana yang menikah
dengan seorang pria dari wangsa jaba
2.
Tri
Danda artinya seperti tiga denda
atau hokum adat yg ada di bali yaitu jiwa danda, artha
danda (denda), sangaskara danda
(melaksanakan upacara tertentu)
3.
Sekaya
artinya Hasil jerih payah seseorang
4.
Panca
Udhara artinya lima ahliwaris yang bersaudara, namun dari kelima saudara itu
hanya satu yang terlihat istimewa karena sipewaris ini mendapat warisan lebih
dibandingkan saudaranya yang lain karena sipewaris ini mengajak orang tua
sekaligus ngayah didesa
5.
Gandarwa
Wiwaha artinya Pertemuan
antara laki-laki dan wanita dan timbul nafsunya untuk melakukan hubungan suami
istri tanpa adanya ikatan pernikahan
6.
Laba
Pura artinya utuk khusunya pelabe pura di desa gunungsari yang mendapatkan
adalah jero mangku pangemong pura tersebut.
7.
Pangempon
artinya Sekeha Pura atau panyungsung Pura
8.
Lelakut
artinya orang-orangan
sawah ini dibuat dengan tujuan agar para burung tidak berani turun karena
mengira orang-orangan sawah itu adalah orang/ manusia yang menunggui padi.
9.
Memitre
Ngalang artinya seorang laki-laki yang sudah beristri
mempunyai hubungan dengan wanita lain yang diberinya
nafkah lahir batin seperti layaknya suami-istri, tetapi wanita ini belum
dikawini secara sah. Hubungan mereka bersifat terus-menerus
(berkelanjutan) dan biasanya si wanita ditempatkan dalam rumah tersendiri.
10.
Gamia
Gamana artinya hubungan seksual antara
orang-orang yang masih ada hubungan keluarga dekat, baik menurut garis lurus
maupun ke samping.
11.
Drati
Karma artinya hubungan seksual antara
seorang wanita dengan seorang laki-laki, sedangkan mereka berdua atau salah
satu di antaranya masih dalam ikatan perkawinan yang sah.
12.
Jiwa
Dana artinya memberikan warisan kepada anak yang sudah menikah meskipun mereka
tidak pantas mendapatkan warisan.
13.
Isin
Sok artinya Leluu
14.
Mapuangkid
artinya mebersih-bersih
15.
Karang
Embang artinya alun-alun / pagpagan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar